Perbandingan Hemat Kompor Listrik Vs Gas


Biasanya oven gas yang berdiri sendiri digunakan untuk industri baking makanan atau kue, dapur restoran, toko roti, dan sebagainya. Sedangkan yang paling banyak ditemukan di rumah adalah oven gas yang menyatu dengan kompor. Kompor merupakan salah satu alat memasak yang pasti dijumpai di setiap dapur. Kompor digunakan untuk memasak segala kebutuhan pangan sehari-hari dalam setiap keluarga. Salah satunya berdasarkan sumber energi kompor itu sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu kompor listrik dan gas. Tidak hanya dapat mengurangi emisi karbon, penggunaan kompor induksi juga dapat menghemat pengeluaran rumah tangga.

Baik kompor gas maupun kompor listrik memiliki performa yang berbeda dalam hal sesi memasak yang praktis dan nyaman. Pemenang kompetisi lainnya, Christopher Agass selaku tim ekonomi kantor Kedutaan Besar Inggris di Jakarta, mengemukakan penggunaan kompor induksi – listrik lebih ramah lingkungan dibanding penggunaan kompor gas. Namun penggunaan kompor listrik lebih lama waktu memasaknya, dibanding menggunakan kompor gas.

PLTGU merupakan suatu instalasi peralatan yang berfungsi untuk mengubah energi panas menjadi energi listrik yang bermanfaat. Pada dasarnya, PLTGU ini merupakan penggabungan antara PLTG dan PLTU. PLTU memanfaatkan energi panas dan uap dari gas buang hasil pembakaran di PLTG untuk memanaskan air di HRSG , sehingga menjadi uap jenuh kering. Uap jenuh kering inilah yang akan digunakan untuk memutar sudu (baling-baling). Gas yang dihasilkan dalam ruang bakar pada Pusat Listrik Tenaga Gas akan menggerakkan turbin dan kemudian generator, yang akan mengubahnya menjadi energi listrik. Sama halnya dengan PLTU, bahan bakar PLTG bisa berwujud cair maupun gas .

Jika dibandingkan dengan kompor gas, tentu perangkat listrik ini lebih mahal. Salah satu kelemahan mesin turbin gas adalah efisiensi termalnya yang rendah. Rendahnya efisiensi turbin gas disebabkan karena banyaknya pembuangan panas pada gas buang. Dalam usaha untuk menaikkan efisiensi termal tersebut, maka telah dilakukan berbagai upaya sehingga menghasilkan mesin siklus kombinasi seperti yang dapat kita jumpai saat ini. Selain itu, banyak kompor listrik yang tersedia dengan beragam bentuk dan fitur.

Masalah dalam iklim Indonesia adalah Anda tidak perlu panas, jadi efisiensinya turun banyak. Juga untuk mesin kecil adalah efisiensinya tidak terlalu tinggi. Lebih layak dengan lebih banyak biogas dan juga mesin yang lebih besar. Setelah menekan katup untuk membiarkan uap yang lebih dingin keluar dari sistem.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *